MALANG – SMK Putra Indonesia Malang (PIM) telah membuka kembali kompetensi keahlian Farmasi Industri (FI) pada tahun 2017 lalu. Saat ini peserta didik kelas XII kompetensi keahlian Farmasi Industri (FI) melaksanakan magang atau praketin di industri farmasi, instansi pemerintah (puskesmas) serta apotek.

Kegiatan ini dilaksanakan selama empat bulan, dimulai bulan Mei berakhir hingga bulan September 2019. “Prakerin atau magang dilaksanakan 4 bulan, dengan pembagian dua bulan di industri dan dua bulan di intansi kesehatan apotek atau puskesmas”, terang Siti Zubaidah, S.Pd, Kepala SMK PIM.

Ia menjelaskan bahwa magang ini bertujuan untuk mengasah kemampuan kompetensi farmasi peserta didik sehingga menghasilkan tenaga kerja yang memiliki pengetahuan,keterampilan dan etos kerja yang sesuai dengan tuntutan lapangan kerja serta memberi pengetahuan terhadap pengalaman kerja sebagai bagian proses pendidikan.

Prakerin SMK PIM kompetensi keahlian Farmasi Industri menggandeng kerja sama beberapa industri dalam kota dan luar kota Malang. “Magang kelas Farmasi Industri bekerja sama dengan industri farmasi skala nasional, selain itu juga menggandeng puskesmas wilayah kota Malang,” jelasnya.

Dijelaskan pula bahwa ada 4 perusahaan besar yang menerima prakerin SMK PIM yakni PT. Balarif, PT. Natura Laboratoria Prima, merck Shape Dohme Pharma dan Kimia Farma Jombang. Beberapa instansi pemerintah dan puskesmas diantaranya UPT Materia Medica Batu, Puskesmas Gribig, Puskesmas Kendalkerep, Puskesmas Janti, Puskesmas Kendalsari, Puskesmas Kedung kandang dan Puskesmas Arjuno.

“Peserta didik siap berangkat bagang, karena Program magang di industri ini semua disiapkan secara matang oleh Bagian kurikulum dan Humas SMK PIM,” tandas kepala SMK PIM yang mempunyai tagline “Touch Your Future”. (mar/Malangpostonline.com)

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *