Pendidik harus senantiasa mengembangkan kemampuannya dalam mengelola pembelajaran dan membuat media pembelajaran. Hal tersebut senantiasa dilakukan oleh Bapak Ibu Guru SMK Putra Indonesia Malang (SMKPIM) melalui kegiatan Sanggar Edukasi (SANGDU). SANGDU dilaksanakan secara tatap muka untuk kedua kalinya pada tanggal 11 September 2020. Kegiatan menarik pada SANGDU ini adalah pelatihan pembuatan media pembelajaran melalui aplikasi video sederhana. Selain itu, Bapak Ibu Guru akan menerima Informasi Evaluasi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dan Kebijakan Kurikulum Darurat serta pembuatan dan pengumpulan Silabus.
Kepala SMKPIM Atik Dina Fitria, S.Pd. M.Pd. saat ditemui menjelaskan, bahwa materi SANGDU saat ini salah satunya adalah pembuatan video pembelajaran, ini berawal dari adanya KBM daring dan keinginan untuk memvariasikan media pembelajaran yang digunakan Bapak Ibu Guru.”Media pembelaran online bisa akses banyak di internet, namun ada ketidaksesuaian antara materi yang diambil dari internet dengan yang diharapkan oleh Bapak Ibu Guru untuk disampaikan di kelas daringnya, oleh karena itu pelatihan ini diberikan agar bapak ibu guru mampu membuat media pembelajaran sendiri sesuai kebutuhan peserta didik,”jelas nya.
Guna memfasilitasi Bapak Ibu Guru dalam pembuatan media video pembelajaran, pihak SMK akan memberiukan fasilitas secara beratahap. “ Fasilitas akan kami sedian secara bertahap, Platform KBM daring, chanel youtube, studio pembelajaran telah kami siapkan,” terang kepala SMK yang mempunyai program keahlian Kimia Industri (KI) dan Farmasi Industri (FI). Lebih lanjut bu Atik sapaan akrabnya menjelaskan bahwa pelatihan media pembelajaran video ini juga merupakan salah satu fasilitas agar guru mampu membuat media pembelajaran berbasis video menggunakan aplikasi sedehana yang bisa di edit secara mandiri oleh Bapak Ibu Guru.
Pada saat pandemi ini Bapak Ibu Guru berusaha semampunya guna memberikan pembelajaran yang terbaik bagi peserta didik. “Harapan nya dengan akan adanya media pembelajaran video karya Bapak Ibu Guru, peserta didik mampu menikmati karya Bapak Ibu Guru, sehingga tujuan dan target pembelajaran dapat terlaksana,”Imbuhnya. Lebih lanjut Bu Atik berharap bapak ibu mampu membuat media pembelajaran video dengan kontent yang menarik dan bervariasi.

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *