Profil Singkat Bursa Kerja Khusus

Pengembangan program keahlian Teknik Kimia dengan kompetensi keahlian Kimia Industri dan Farmasi Industi di Sekolah Menengah Kejuruan Putra Indonesia Malang dilakukan sebagai usaha untuk memberikan pelayanan pendidikan vokasi pasca Sekolah Menengah Pertama, dengan tujuan agar lulusannya nanti dapat menjadi pekerja mandiri, pekerja Kimia Industri atau bidang lainnya yang terkait dengan Kimia Industri . Hal tersebut merupakan langkah strategis, mengingat bidang pekerjaan untuk lulusan program Kimia Industri dan Farmasi Industri sangat dibutuhkan di bursa tahun – tahun ini maupun di waktu – waktu mendatang.

Di sisi lain, SMK sebagai sub sistem pendidikan nasional yang bertanggungjawab dalam penyiapan SDM tingkat menengah yang handal, berorientasi kepada kebutuhan pasar harus mampu mengembangkan inovasi untuk mempengaruhi perubahan kebutuhan pasar sehingga dapat mewujudkan kepuasan pencari kerja. BKK SMK merupakan salah satu komponen penting dalam mengukur keberhasilan pendidikan di SMK, karena BKK menjadi lembaga yang berperan mengoptimalkan penyaluran tamatan SMK dan sumber informasi untuk pencari kerja.

Pemberdayaan BKK SMK merupakan salah satu fungsi dalam manajemen sekolah yaitu sebagai bagian pembinaan terhadap proses pelaksanaan kegiatan BKK SMK yang telah direncanakan dalam upaya mencapai tujuan pendidikan SMK. BKK SMK merupakan salah satu komponen pelaksanaan pendidikan sistem ganda, karena tidak mungkin bisa dilaksanakan proses pembelajaran yang mengarah kepada kompetensi jika tidak ada pasangan industri/usaha kerja, sebagai lingkungan kerja dimana siswa belajar keahlian dan profesional serta etos kerja sesuai dengan tuntutan dunia kerja.

Struktur Organisasi

1Nama BKKBKK “Widya Karya Cemerlang” SMK Putra
Indonesia Malang
2Tanggal Pendirian31 Oktober 2017
3No. Surat Tanda Daftar BKK562/1121/35.73.306/2017
4Pengesahan BKKDinas Tenaga Kerja Kota Malang
5Alamat BKKJl. Barito No. 5 Malang. (0341) 491132
6Handphone081336520252
7Instagram@bkk_smk_pim
8Struktur Pengurus
PembinaDinas Tenaga Kerja Kota Malang
PenanggungjawabSiti Zubaidah, S.Pd
KetuaRofiudin Subekti, S.Pd
Sekretaris dan BendaharaDebora Irawati, S.Psi
Seksi Informasi Pasar KerjaMarisa Damayanti, S.Pd
Seksi Penyuluhan dan Bimbingan JabatanSri Ajeng K, S.Pd
Seksi Perantaraan KerjaAhmad Komar, M.Pd