Kelas industri PT. Garudafood Putra Putri Jaya kembali digelar pada bulan Februari 2021. SMK Putra Indonesia Malang (SMK PIM) menghadirkan Ardyanto Happy Susilo selaku People Development Section Head Garudafood sebagai guru tamu. Kegiatan ini diikuti oleh 30 peserta didik kelas XI KI B secara daring melalui zoom meeting.
Guru tamu Garudafood ini merupakan pertemuan pertama di awal tahun 2021.”Setelah pertemuan bulan November 2020, Februari 2021 ini merupakan awal pertemuan kita di kelas industry Garudafood,”jelasnya. Dia memaparkan materi proses pembuatan produk makanan biscuit dan confectionery dari proses bahan baku hingga produk jadi. Meskipun daring zoom meeting, materi sangatlah interaktif karenan dikemas secara audio dan visual. Peserta mudah menangkap isi materi sehingga suasana kelas menjadi hidup dengan aktifnya peserta yang bertanya.
”Setiap proses produksi akan menghasilkan produk gagal, bagaimana proses pengelolaan produk gagal tersebut?,” Tanya Lova Sarira. Pertanyaan tersebut langsung dijawab oleh pemateri “Produk gagal tersebut akan kami kelola, salah satunya digunakan sebagai pakan ternak,” jawab dia. Lebih lanjut lova bertanya bahwa apakah produk gagal termasuk salah satu factor kerugian?. Happy pun menjawab “Setiap produksi harian sudah diestimasikan batas produk gagal, namun jika melebihi akan berpengaruh pada jumlah produksi dan biaya yang dikeluarkan.” tegasnya

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *