Kenalkan Budaya Kerja di Industri, SMK PIM Gelar Kunjungan Industri Se-Jawa Bali

SMK Putra Indonesia Malang – Sebanyak 141 peserta didik SMK Putra Indonesia Malang (PIM) yang tergabung dari kelas XI Kimia Industri 70 orang dan Farmasi Industri 71 orang, mengikuti study tour atau kunjungan industri tahun 2019 ke industri di wilayah Jawa Timur dan Bali. Acaranya digelar tanggal 24 hingga 26 September 2019.

Ikut dalam rombongan tersebut, sembilan guru pembimbing, kesiswaan serta ketua pelaksana. “Maksud dan tujuan dilaksanakannya study tour atau kunjungan Industri tersebut tidak lain untuk mengenalkan budaya kerja di industri”, jelas Ahmad Komar S.Pd, ketua pelaksana study tour.

Guru olahraga ini menjelaskan bahwa kunjungan industri merupakan perkenalan awal kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL) yang akan dilaksanakan di kelas XII. Kegiatan study tour 2019 ini mengunjungi enam industri besar di Jawa Timur. Mulai PT. Kosmetika Tama Super Indah (Inez), PT. Indofood Sukses Makmur Tbk, PT. Molindo Raya Industrial, PT. Yakult PT Tirta Fresh Indojaya dan PT Amerta Indah Otsuka (Pocari).

Di Pulau Bali pun peserta didik juga mengunjungi pabrik sabun herbal yaitu Secret Garden Village. Peserta didik pun antusias mengikuti study tour Jawa Bali tahun ini. Angelica Jessica Amanda Putri kelas XI FI A menjadikan kunjungan industri sebagai bahan referensi tugas materi kewirausahaan tentang masker jell peel off karena kunjungannya ke Inez Cosmetic.

“Kunjungan industri ini memberikan wawasan kami proses pembuatan kosmetik di industri mulai dari bahan baku, proses, hingga pengemasan,” terang peserta didik yang aktif di OSIS SMK PIM ini. Senada dengannya, Karin Putri Avrilina, peserta didik kelas KXI KI A juga sangat senang dengan kunjungan industri ini.

“Saya senang bisa menggali wawasan dunia industri sambil berwisata,” jelas Avril, sapaan akrabnya. Karin juga menjelaskan bahwa melalui kunjungan ini banyak tugas proyek yang harus dikerjakan diantaranya mata pelajaran produktif, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan Sejarah. Tapi dari semua projek tersebut yang paling fun adalah projek Video Vlog yang wajib diupload di media sosial IG.

Selain kunjungan industri, kegiatan ini ditutup dengan kegiatan wisata bersama di pulau Dewata. Peserta didik mengunjungi wisata ikonik pulau Bali diantaranya Wisata Bedugul, Tanah Lot, pertunjukan Tari Barong, Puja Mandala, Pantai Pandawa serta beberapa pusat oleh oleh Khrisna, Djoger dan Karang Kurnia untuk belanja oleh oleh khas Bali.

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *