Pemerintah telah mengeluarkan panduan mengenai penyelenggaraan pembelajaran pada tahun ajaran dan tahun akademik baru pada masa pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) bahwa hanya sekolah yang berada pada kabupaten/kota zona hijau Covid-19 yang boleh membuka kembali pembelajaran tatap muka.

Panduan menjelaskan bahwa hanya ada 6% peserta didik yang berada pada zona hijau. Selebihnya sebanyak 94% atau dalam 429 kab/kota peserta didik berada pada zona kuning, oranye, dan merah.Oleh karena itu, hampir seluruh peserta didik di Indonesia akan terus memperpanjang masa belajar dalam jaringan (daring) dari rumah hingga waktu yang belum bisa diprediksikan.

SMK Putra Indonesia Malang (SMK PIM) yang berlokasi di Jl. Barito No. 5 Malang yang masuk dalam zona merah tentunya harus melaksanakan pembelajaran daring sesuai panduan pemerintah. Awal tahun pelajaran tahun 2020/2021 dilaksanakan secara daring pertanggal 20 Juli 2020. Selama pembelajaran daring peserta didik mengalami penurunan motivasi belajar. Untuk menumbuhkan motivasi belajar kembali bersemangat perlu dilaksanakan kegiatan “Back To School Motivation” peserta didik kelas XI dan XII secara daring.

Kepala SMK yang memiliki program keahlian Kimia Industri dan Farmasi Industri menjelaskan bahwa Back to School Motivation adalah kegiatan yang dilakukan oleh tim BK & kesiswaan SMK PIM dalam usaha mendorong & memberikan semangat peserta didik pra KBM agar siap dalam mengikuti KBM daring. “Back to school motivation juga merupakan ajang melepas antar peserta didik yg sudah 5 bulan tidak bertatap muka,” jelas Atik Dina Fitria, S.Pd. Kepala SMK PIM.

Peserta didik Kelas XI dan XII semua mendapatkan pembekalan Pra KBM sebelum masa KBM berlangsung. Peserta didik ditayangkan slide kilas balik tentang foto foto ketika masih disekolah, kuis seputar ciri ciri guru, ruang sekolah, laboratorium sekolah hal tersebut diharapkan mampu menggugah keinginan belajar dan kembali ke sekolah. Sosialisasi Protokol kesehatan covid 19 dan sosialisasi kurikulum pembelajaran daring serta sosialisasi PKL pun diampaikan saat motivasi ini berlangsung.

Dilanjutkan materi Motivasi dan semangat belajar, dengan menyaksikan video motivasi Presiden Ke 3 Prof. Dr. Ing. H. Bacharuddin Jusuf Habibie, FREng. Melalui tayangan video tersebut peserta didik diharapkan mampu mencontoh kehidupan Bapak Presiden ke 3 yang mempunyai mentalitas sepeda,artinya dalam hidup tidak boleh berhenti bekerja dan belajar. Selain itu beliau ,mempunyai tiga kunci sukses yaitu semangat, tekun an mau berkorban untuk masa depan.

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *