Dalam standar nasional pendidikan disebutkan bahwa kegiatan guru dalam pengelolaan pembelajaran meliputi perencanaan proses pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran dan penilaian hasil pembelajaran. Penilaian Pembelajaran merupakan salah satu cara mengukur keberhasilan pembelajaran dan merupakan bagian yang tak terpisahkan.

Di SMK Putra Indonesia Malang penilaian hasil pembelajaran diawali dengan penilaian ketuntasan setiap Kompetensi Dasar hingga ketuntasan pada mata pelajaran tersebut. Jenis penilaian meliputi penilaian sikap, penilaian pengetahuan dan penilaian keterampilan.

Penilaian sikap lebih ditekankan pada penumbuhan karakter siswa, sedangkan penilaian pengetahuan ditekankan pada nilai tugas, ulangan harian. Untuk penilaian keterampilan ditekankan pada nilai praktik, projek dan portofolio siswa. Semua hasil penilaian di inputkan dan didokumenkan di laman rapor secara online dengan alamat smkpim.girisa.com.

Disisi lain, data prestasi yang pernah diraih, pelaksanaan PKL juga dapat didokumenkan dalam erapor tersebut. Bapak ibu guru secara mandiri melakukan upload nilai siswa sesuai username dan password masing masing. E-rapor di SMK Putra Indonesia Malang ini sangat membantu sekali dalam pendokumenan nilai siswa dan pendistribusian hasil belajar siswa juga bisa dilaksanakan secara online.

Siswa dan orang tua juga bisa melihat raport hasil belajar siswa secara online dengan memasukkan password dan username yang sudah ditetapkan. Semoga erapor SMK Putra Indonesia Malang ini selalu menjadi solusi dalam pendokumenan dan pendistribusian hasil belajar siswa secara berkala.

Nilai Akademik Online bisa diakses melalui link : http://smkpim.girisa.com/