Asesmen Nasional Berbasis Komputerr (ANBK) tahun 2021 sukses digelar di SMK Putra Indonesia Malang (PIM) mulai hari Rabu (22/9) sampai Kamis (23/9). 45 peserta didik kelas XI Kimia Industri dan Farmasi Industri mengikuti kegiatan itu di laboratorium Komputer SMK PIM.

Asesmen Nasional adalah program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah. Mutu satuan pendidikan dinilai berdasarkan hasil belajar murid yang mendasar (literasi, numerasi, dan karakter). Termasuk pula, kualitas proses belajar mengajar dan iklim satuan pendidikan yang mendukung pembelajaran itu. Informasi-informasi tersebut diperoleh dari tiga instrumen utama, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.

Kepala SMKPIM , Atik Dina Fitria, S.Pd. M.Pd menjelaskan, ANBK sangat perlu dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan. “Asesmen ini dirancang untuk menghasilkan informasi akurat untuk memperbaiki kualitas belajar mengajar, yang pada gilirannya akan meningkatkan hasil belajar murid,” kata dia.

Atik, sapaan akrabnya menjelaskan bila telah melakukan berbagai persiapan yang terukur. Pelaksanaan ANBK untuk peserta didik kelas XI yang terpilih secara acak menjadi peserta, telah melalui proses yang ketat. Termasuk pelaksanaan gladi bersih agar peserta dapat menyesuaikan diri dengan pelaksanaan ANBK.

Menurutnya, ANBK tahun ini sudah disampaikan jauh sebelumnya kepada seluruh peserta didik untuk lebih gemar membaca buku, koran, atau majalah terkait persiapan pengganti Ujian Nasional (UN) tersebut. ANBK berbeda dengan UN karena tidak bisa dipelajari melalui pembelajaran tambahan atau bimbingan belajar.

“Untuk kompetensi numerasi, sudah tidak ada jalan pintas lagi bagi peserta didik kelas XI, selain meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan sistematis, karena semua butuh proses, dan tidak dapat ditemukan pada bimbingan belajar,” tutupnya.

Sementara itu, Waka Kurikulum Eka Tries Yuliani, S.Si, mengaku bahwa sekolah memberi pendampingan secara maksimal kepada peserta didik kelas XI agar bisa menjawab dan bisa berlatih mengerjakan soal-soal ANBK tahun 2021 yang bersumber melalui link atau tautan yang disediakan oleh Kemendikbud Ristek.

PPDB SMK PIM 2022/2023 Mari Berprestasi Bersama Kami Jalur Peminatan Khusus kompetensi Keahlian Kimia Industri & Farmasi Industri, Info Pendaftaran : 081 333 48 9997 , website : www.smkpim.sch.id, Twitter : smk_pim, youtube : smkputraindonesiamalang, IG :smkpim

 

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *