Kegiatan guru tamu bertajuk meet expert, terus menerus digelar SMK Putra Indonesia Malang (PIM) sejak bulan Agustus 2021 lalu. Mulai bulan September lalu, guru tamu mulai diperkenalkan untuk siswa kelas X. Sekitar 87 siswa kelas X SMK yang memiliki kompetensi keahlian Kimia Industri dan Farmasi Industri tersebut, mengikuti kegiatan itu. Termasuk 19 guruSMK yang memiliki tagline Touch Your Future itu.

Materi meet expert guru tamu yang diambil yakni memperkenalkan budaya kerja secara dini. Waka Kurikulum SMK PIM, Eka Tries Yuliani, S.Si dalam sambutannya menjelaskan bahwa SMK PIM terus melakukan improvement atau perbaikan-perbaikan terkait kegiatan pembelajaran. “Utamanya yang dibutuhkan saat ini, sesuai dengan kompetensi masing – masing. Salah satunya tentang guru tamu. Kami selalu berusaha sedini mungkin mengenalkan budaya kerja di lingkungan industri kepada peserta didik,” paparnya.

Menurut dia, materi budaya kerja mulai diberikan di kelas X dan diharapkan sudah diimplementasikan di kehidupan sehari-hari. “Mulai dari hal kecil. Seperti misalkan datang tepat waktu ketika berangkat sekolah,” tegasnya. “Kedisiplinan merupakan salah satu budaya kerja yang harus diterapkan peserta didik sejak dini dan senantiasa dibiasakan ketika bersekolah,” tutup dia. Seperti diungkapkan Manajer HRD PT. Indiratex Spindo, Ninik Lestari, SE.

Pemateri meet expert guru tamu itu memaparkan, SDM yang unggul itu memiliki 70 persen softskill dan 30 persen hardskill. “SDM unggul itu kaya akan mental yaitu rajin, tekun, positif thinking, disiplin, suka tantangan dan berkompetisi, cinta pada pekerjaannya penuh loyatitas dan dedikasi serta optimis dalam bekerja,” ucapnya.

Lebih lanjut Ninik menjelaskan bahwa budaya kerja di industri, yang utama adalah kejujuran dan kepercayaan. “Jujur dalam bekerja itu sangat penting karena akan membentuk reputasi yang baik, akan terbentuk dan tentunya bisa dapat memperoleh kepercayaan dari rekan kerja,” tutupnya.

PPDB SMK PIM 2022/2023 Mari Berprestasi Bersama Kami Jalur Peminatan Khusus kompetensi Keahlian Kimia Industri & Farmasi Industri, Info Pendaftaran : 081 333 48 9997 , website : www.smkpim.sch.id, Twitter : smk_pim, youtube : smkputraindonesiamalang, IG :smkpim

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *