Meet Expert Guru Tamu SMK Putra Indonesia Malang (PIM) kembali digelar secara luring, 26 Oktober 2021. SMK PIM yang berada di Jalan Barito No 5 Kota Malang itu, menghadirkan pemateri expert dari PT. Inti Daya Guna Warna (Indana). Yakni Manajer RnD, Ni Kadek Sinta Parwasari, S.Si. MM. Dia memberikan materi proses pembuatan cat berbasis air dan uji mutunya. Materi yang diberikan manajer industri cat Kota Malang yang mendukung Kampung Warna Warni itu, diikuti oleh seluruh peserta didik kelas XI Kompetensi Keahlian Kimia Industri.

“Proses pembuatan cat berbasis air, dimulai proses pencampuran padatan dengan pelarutnya. Mixing atau pengecilan ukuran partikel, proses pengentalan dan pemisahan kotoran, penambahan warna dan pengemasan,” jelas Sinta, sapaannya.

Dia menjelaskan kualitas cat berbasis air yang baik adalah memiliki syarat kualitatif dan kuantitatif. “Keadaan dalam kemasan menjadi tolok ukur kualitas paling mudah. Cat tidak berbau busuk dan setelah diaduk cat, tidak mengandung endapan keras, tidak memggumpal, tidak mengulit dan tidak terjadi pemisahan warna,” terang Manajer RnD itu lagi kepada para siswa SMK PIM.
Peserta didik diajak melakukan simulasi pengujian produk produk cat Indana dengan panel simulasi. “Silahkan amati panel ini, perbedaan produk cat Indana formula lama dengan formula baru,” pintanya. Peserta Meet Expert Guru Tamu itu pun sangat antusias dengan sesi ini, karena mereka bisa membedakan produk cat dari segi kuantitasnya yaitu daya tutup, density, dan kehalusan.

Saat membuka Meet Expert secara luring, Kepala SMK PIM, Atik Dina Fitria, S.Pd, M.Pd memberikan semangat kepada peserta didik kelas XI Kimia Industri untuk memperhatikan serta proaktif selama kegiatan berlangsung. “Harus fokus karena sebelumnya telah mendapatkan pembelajaran tema cat berbasis air. Harapannya, refresh materi dari yang sudah didapat,” kata kepala sekolah yang memiliki tagline “Touch Your Future” itu.

PPDB SMK PIM 2022/2023 Mari Berprestasi Bersama Kami Jalur Peminatan Khusus kompetensi Keahlian Kimia Industri & Farmasi Industri, Info Pendaftaran : 081 333 48 9997 , website : www.smkpim.sch.id, Twitter : smk_pim, youtube : smkputraindonesiamalang, IG :smkpim

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *