SMK Putra Indonesia Malang (SMK PIM) Program Keahlian Kimia Industri (KI) dan Farmasi Industri (FI) merupakan pendidikan vokasi dengan proses pembelajaran yang memandang pentingnnya pengalaman belajar bermakna baik di kelas dan laboratorium. SMK PIM mempunyai laboratorium Kimia Industri dan Farmasi Industri yang representatif guna mendukung pembelajaran praktikum. Pada masa MPLS tahun 2020 ini, peserta didik baru diperkenalkan lingkungan sekolah maupun proses pembeajaran secara daring. Namun untuk pengenalan atau observasi laboratorium yang akan mendukung pembelajarannya dilakukan secara luring pasca MPLS.

“Pada masa pandemi kegiatan sekolah dilakukan secara daring, namun kegiatan observasi laboratorium perlu dilakukan secara luring guna memberikan pengalaman nyata belajar di laboratorium sehingga mereka mampu mengenali peralatan laboratorium,” jelas Atik dina Fitria Kepala SMK yang mempunyai tag line Touch Your Future. Lebih lanjut ibu Atik sapaan akrabnya menjelaskan bahwa meskipun observasi laboratorium dilakukan secara luring, tetap memperhatikan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Peserta didik baru diperkenalkan nama laboratorium dan fungsinya serta peralatan praktikum yang nantinya menjadi fasilitas praktikum peserta didik. Selain itu untuk memberikan gambaran awal praktikum, peserta didik diajak untuk praktik membuat produk sederhana Kimia Industri dan Farmasi Industi. Di dalam laboratorium Farmasi Industri peserta didik diajak membuat produk hand sanitiser, sedangkan di laboratorium kimia industri (TEFA) peserta didik diajak membuat sabun cuci tangan.

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *