Tidak banyak sekolah yang mengambil tema pondok ramadhan 1442 H tentang Islam Rahmatan lil Alamin saling mengamalkan kebersamaan dan toleransi. Inilah yang dilakukan disampaikan Waka Kesiswaan SMK Putra Indonesia Malang (SMK PIM) Pujud Rukmono, S.Pd.

 

Dijelaskan Pujud Rukmono,S.Pd  kegiatan pondok ramadhan SMK PIM mengambio tema ramadhan momentum memperbaiki Habluminallah (hubungan manusia dengan Allah) dan Hambluminnas (hubungan manusia dengan manusia), pondok ramadhan ini dilaksanakan pada tanggal 20-21 April dan 6 Mei 2021.

Materinya? Pujud Rukmono mengungkapkan pada hari pertama pondok ramadhan 20/4/2021 antara lain shalat dhuha, pembacaan istighatsah, kajian fiqih wanita bagi siswa putri yang berhalangan,  tadarus, lomba tartil, lomba seni baca Al-Quran (Qira’ah) dan ditutup dengan sholat Dhuhur berjamaah. Semua kegiatan ini tentu saja dilaksanakan di sekolah dengan penuh hikmah.

Pujud Rukmono, S.Pd melanjutkan, pada hari kedua kegiatan pondok ramadhan 21/4/2021 agendanya antara lain sholat Dhuha berjamaah dan pembacaan istighosah, mauidhoh hasanah yang di sampaikan oleh ustadz Khoirudin, final lomba tartil yang di laksanakan di masjid Ar Ridlo. Menariknya bagi siswa non muslim juga ada kegiatan Pondok kasih dengan tema Pengorbanan Menyelamatkanku.

“Kami menjadwalkan usai kegiatan pondok ramadhan, agenda berikutnya  adalah pembagian zakat fitrah ke panti asuhan,”ujar Pujud Rukmono, S.Pd.

Kata Pujud Rukmono,S.Pd tujuan digelarnya pondok ramadhan ini untuk mewujudkan generasi  yang beriman dan bertaqwa, berkepribadian, bermoral, dan menanamkan akan pentingnya sikap saling berbagi terhadap sesama. Manfaat jangka panjangnya dengan kegiatan keagamaan ini dapat menjadikan peserta didik yang memiliki  jiwa spiritual, meningkatkan kualitas ibadah dan menumbuhkan jiwa sosial peserta didik melalui santunan ke panti asuhan dan menyalurkan zakat serta infaq.

“Setelah siswa lulus nanti selain mempunyai kompetensi skill di bidang yang ditekuninya juga mempunyai jiwa spiritual yang kuat, peduli sosial. Hal ini jika digabungkan akan menjadi karakter siswa SMK PIM di masyarakat, seperti yang tertuang visi sekolah  terwujudnya SMK PIM sebagai lembaga pendidikan kejuruan yang mampu menghasilkan lulusan yang cindekia spiritualis dan patriotic,” tandas Pujud Rukmono, S.Pd.

Mari bergabung PPDB online www.smkpim.sch.id atau datang ke kampus SMK PIM Jl. Barito No 5 Kota Malang, telp/WA: 081335381960. Klik https://bit.ly/daftaronlinesmkpim

Sumber dari : https://tabloidmatahati.com/smk-pim-gelar-pondok-ramadhan-tematik-habluminallah-hambluminnas/#.YIIg4uszbIV

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *