Kelas Industri PT. Garudafood Putra Putri Jaya dilaksanakan perdana untuk peserta didik keals XI tahun pelajaran 2020-2021 pada 23 September 2020 lalu. Kelas industri bekerjasama dengan PT. Garudafood Putra Putri Jaya telah dilaksanakan sejak tahun 2018, tahun ini sudah menginjak tahun ketiga. Kelas industry dilaksanakan secara daring dengan materi Pengenalan Basic K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja) oleh Bapak Ardiyanto Happy Susilo selaku People Development Section Head.
Bapak Happy sapaan akrabnya menjelaskan bahwa K3 merupakan Program tentang Kesehatan dan Keselamatan kerja dan Lingkungan Hidup pada suatu Perusahaan atau Instansi yang memiliki pekerja atau karyawan.”K3 bertujuan Melindungi dan Menjamin Pekerja atas Hak Keselamatan setiap pekerja & orang lain yang berada dalam lingkungan kerja, selain itu menjaga dan memelihara sumber produksi agar dapat digunakan secara aman dan effisien,”jelasnya.
Kelas Daring jadi lebih interaktif ketika Pak Happy menjelaskan macam-macam kecelakaan Kerja. “Macam kecelakaan kerja ada 3 yaitu Accident (kecelakaan), Incident dan near Miss (hampir celaka),”terangnya. Kemudian Pak Happy melempar pertanyaan kepada peserta didik “Apa contoh Accident, incident dan near miss?,” tanya kepada peserta didik.
Jawabanpun beraneka ragam dari peserta didik. “Accident itu kecelakaan besar dan fatal pak contohnya ledakan amonium nitrat di Lebanon,”jawab Adinda Fitria Salsabila. Jawaban berbeda muncul dari peserta didik yang lainnya yang mencoba memberi contoh Near miss. “ Kalau near miss contohnya konstruksi pekerja yang tidak menggunakan helm hampir kejatuhan bahan baku bangunan namun belum mengenai pekerja”, jawab Lova Sharira Wandary
Jawaban dari peserta didik tersebut benar namun Pak Happy melanjutkan memberikan pengertian tentang ketiga macam kecelakaan.”Accident (Kecelakaan) merupakan Suatu kejadian yang tidak diinginkan yang membuat kerugian baik untuk manusia, harta benda atau lingkungan, Incident adalah suatu kejadian yang tidak diinginkan / direncanakan yang dapat menimbulkan kerugian sedangkan Near Miss merupakan kejadian hampir celaka dengan kata lain kejadian ini hampir menimbulkan kejadian incident ataupun accident”, jelasnya.
Pemaparan materi dilanjut dengan Faktor penyebab kecelakaan, macam-macam rambu, dan macam APD yang dipakai di industri. Materi diakhiri dengan melihat video penerapan K3 di PT. Garudafood Putra Putri Jaya dengan tujuan agar peserta didik lebih paham tentang materi K3.

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *