Program Peningkatan Kualitas Pembelajaran Dual System dan Pemanfaatan IPTEK kembali dihadirkan SMK Putra Indonesia Malang (SMKPIM) dalam kegiatan Guru Tamu. SMK yang memilki program keahlian Kimia Industri (KI) dan Farmasi Industri (FI) kembali menghadirkan guru tamu dari industri untuk peserta didik program keahlian Kimia Industri kelas XI KI A. Kegiatan yang digelar 19 September 2020 lalu itu menghadirkan guru tamu dari PT. Molindo Raya Industrial (PT. MRI).
Setelah bulan Agustus 2020 peserta didik diberikan materi K3 dan Budaya Kerja oleh Sophian Hadi (HRD PT. Molindo), pada pertemuan ini peserta didik diberikan materi proses pembuatan alkohol oleh Putut Agung Prabowo. Putut Agung Prabowo merupakan Supervisor produksi fermentasi alkohol PT. MRI yang juga merupakan lulusan STM Putra Indonesia Malang Kimia Industri lulus tahun 1993.
Saat pembukaan guru tamu , kepala SMK PIM Atik Dina Fitira, S.Pd. M.Pd. menyampaikan kepada peserta didik agar dapat menimba ilmu dengan baik dan seksama serta banyak menggali wawasan dari ahli yang hadir sebagai guru tamu. “Hadir sebagai guru tamu kali ini merupakan ahli dalam pembuatan etanol jadi kalian harus menggali sedalam dalamnya pengetahuan tentang bagaimana proses yang dilakukan di Molindo untuk membuat etanol,”jelasnya. Lebih lanjut kepala SMK yang juga merupakan guru produktif kimia menambahkan bahwa Pak Putut juga lulusan SMK PIM maka kalian harus mengambil inspirasi dari beliau yang mana lulusan SMK mampu bersaing dengan lulusan Sarjana dan saat ini pak Putut sudah mengabdi selama 25 tahun lebih dan menduduki posisi supervisor.
Bapak Putut memberikan materi proses Produksi Industri Etanol berbahan baku tetes tebu. “Saat proses produksi etanol kalian harus memahami prinsip dasar dari pembuatan etanol,”terangnya. Lebih lanjut Dia menjelaskan bahwa proses utama dalam industri etanol itu ada dua yaitu proses fermentasi dan proses operasi distilasi. Hasil dari proses inilah yang menjadi produk utama dari PT. Molindo Raya Industrial.

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *