Direktur PT. Rexton Indocoating menjadi pemateri guru tamu kelas XI KI A SMK Putra Indonesia Malang (SMK PIM). Wijono Raharjo memberikan materi tentang pembuatan cat pada 18 Februari 2021 secara daring zoom meeting dari rumah masing masing. Sebanyak 30 peserta didik sangat antusias mengikuti kelas guru tamu tersebut.
Materi cukup menarik diantaranya pembagian jenis cat ditinjau dari pelarut, bahan-bahan pembentuk cat & penjelasannya, bahan-bahan yang tidak aman bagi kesehatan, jenis-jenis cat hasil bentukan dan fungsinya, Beberapa jenis cat khusus (specialty). Selain itu, materi yang paling menarik dan mendapatkan banyak respon antara lain cara pengecatan yang benar, Tips untuk mendapatkan hasil pengecatan yang terbaik, Permasalahan yang timbul dalam pengecatan, Problem solving.
“Materi tersebut merupakan pokok bahasan utama selain materi proses pembuatan cat yang baik,”terang Direktur yang berpenampilan sederhana ini. Dia menjelaskan proses pembuatan cat dari bahan baku sampai barang jadi. Bahan baku cat diproses mulai dari proses pasta, mixing, control kualitas, proses kemas hingga barang jadi.
Dia juga memberikan tips untuk mendapatkan hasil pengecatan yang terbaik. “Persiapan dan rencana yang matang adalah kunci untuk menghasilkan pengecatan yang terbaik. Persiapan permukaan yang akan di cat sangatlah berpengaruh pada hasil pengecatan itu sendiri. Persiapan yang benar akan membuat pekerjaan pengecatan akan lebih cepat dan mudah serta akan memberikan hasil akhir yang terbaik. Jadi bersihkan permukaan yang akan di cat dari segala kotoran, minyak dan kristal garam-garaman,”papar direktur yang hobi jalan kaki.

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *