Siswa SMK Putra Indonesia Malang (SMK PIM)  mengikuti kegiatan pembekalan Praktek Kerja Lapang (PKL) oleh  mitra idustri dunia kerja (Iduka) sekolah tersebut. “Sinergi antara mitra iduka dengan SMP PIM harus selalau ditingkatkan karena dengan pemberian wawasan dari mitra iduka siswa mendapatkan gambaran tentang dunia industri dan kerja yang akan dikerjakan nanti,” ujar Kepala Sekolah SMK PIM, Atik Dina Fitria, M.Pd.

Dijelaskan Atik, sebagai langkah awal dalam  program PKL tahun ini dibekali wawasan pembekalan hardskill dan softskill oleh mitra iduka. Pembekalan tesebut meliputi kompetensi Kimia Industri (KI) dan kompetensi Farmasi Industri (FI) serta pengenalanan awal tentang budaya kerja yang di terapkan di Iduka. Pembekalan PKL ini dilaksanakan 3 hari di tanggal yang berbeda tanggal 24-25 Mei 2021 pembekalan Hardskil dan tanggal 29 Mei 2021 untuk pembekalan softskill.

Menurut Atik, untuk pembekalan  hardskill atau PKL sekolah  diisi oleh guru produktif masing-masing kompetensi dengan materi pembuatan larutan untuk kompetensi kimia industri dan alur penerimaan bahan untuk farmasi industri. Selain itu juga diberikan materi tentang bahasa penulisan laporan oleh guru mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Kata Atik, pembekalan softskil dilaksanakan dengan menghadirkan pemateri dari Iduka, mengambil tema Penyelarasan Budaya Kerja di Industri untuk Membentuk Insan yang Kompeten di Bidang Kimia Industri dan Farmasi Industri. Itu sebabnya berkaitan dengan tema pada kompetensi kimia industri menghadirkan manajer HRD PT. Indiratex Spindo, Ninik Lestari, SE. Sedangkan kompetensi farmasi industri menghadirkan  QA Manajer Pharma Division PT. Balatif Apt. Fairus Zabadi, S.Farm.

Secara umum, lanjut Atik, materi yang disampaikan Iduka tentang budaya kerja di Iduka yang harus dijalani peserta PKL SMK PIM. Sehingga ketika sudah PKL nanti siswa langsung mengetahui job desk yang akanj dilaksanakan sesuai tugas dan wawasan yang sudah diberikan dalam pembekalan PKL.

Ayo investasi pendidikan di SMK PIM melalui PPDB online www.smkpim.sch.id  atau datang ke kampus SMK PIM Jl. Barito No 5 Kota Malang, telp/WA: 081335381960. Klik https://bit.ly/daftaronlinesmkpim.

Sumber: https://tabloidmatahati.com/maju-pkl-siswa-smk-pim-dapat-bekal-skill-kerja-pt-indiratex-spindo-pt-balatif/#.YMlKvZQzbIV

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *