Pembelajaran pada masa pandemi dilaksanakan secara daring di rumah masing masing peserta didik selama hampir 6 bulan. SMK sebagai sekolah kejuruan yang salah satu pencapaian kompetensi melalui praktikum tidak dapat sepenuhnya dilaksanakan melalui daring. Oleh karena itu, SMK Putra Indonesia malang (SMK PIM) program keahlian Kimia Industri (KI) dan Farmasi Industri (FI) menggelar kegiatan belajar mengajar Praktikum tatap muka mulai tanggal 24 Agustus 2020.

Kepala SMK PIM Atik Dina Fitria, S.Pd., M.Pd. pada saat wawancara menjelaskan, bahwa Pelaksanaan KBM tatap muka di SMK PIM berdasarkan pada kebutuhan adaptasi pembelajaran yang selama ini berjalan daring selama pandemi belum bisa memfasilistasi pembelajaran praktikum dengan maksimal. “Jadi pelaksanaan pratikum selama pembelajaran daring tidak dapat terlaksana karena keterbatasan alat, bahan, dan fasilitas di rumah peserta didik. Masalah tersebut telah terpecahkan dengan di izinkannya KBM tatap muka terbatas oleh dinas kota Malang,”jelasnya.

Protokoler kesehatan dan keamanan siswa selama pembelajaran tatap muka di sekolah harus diperhatikan. “Kebjakan atau penyesuaian dari SKB ( Surat Keputusan Bersama) bahwa zona orange pembelajaran tatap muka non pratek belum di izinkan, akan tetapi untuk pembelajaran praktikum di semua zona sdh di izinkan dengan protokler kesehatan yang sangat ketat,” tegasnya. Lebih lanjut Kepala sekolah yang akrab dipanggil bu atik menambahkan bahwa pembelajaran tatap muka hanya meghadirkan peserta didik satu shift dengan prosentase siswa yang hadir di sekolah hanya mencapai 18,7% tidk sampai 25 % jadi 60 peserta didik hadir perhari.

Pembalajaran tatap muka dilaksanakan selama 4 jam dimulai pukul 07.30 hingga berakhir pukul 11.30. Namun peserta didik harus masuk mulai pukul 7.00 untuk pengaturan dan pengontrolan siswa masuk dengan tetap menggunakan protokol kesehatan. “Pengaturan waktu tersebut sudah berdasarkan izin kacabdin kota Malang dan Batu pada saat rapat MKKS Kota Malang,”imbuhnya

Pembelajaran tatap muka ini di laksanakan secera bertahap, kata kepala sekolah yang mempunyai taagline Touch Your Future, Bulan Agustus hanya dilaksanakan pembelajaran pratikum, akan tetapi tidak menutup kemungkinan di bulan september sampai November akan ada penambahan jumlah mapel non praktikum akan melaksanakan pembelajaran tatap muka. Harapannya pandemi segera berakhir, sehingga KBM tatap muka di SMK Putra PIM dapat terlaksana dengan maksimal.

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *