Tetap prestasi di tengah pandemi bukan hal sulit diwujudkan saat ini. Buktinya salah satu siswa SMK Putra Indonesia Malang (SMK PIM)  ananda Salsabila Tiara Zaki mampu meraihnya sebagai juara menulis cerita fiksi tingkat Jatim. Kabar baik ini disampaikan Kepala Sekolah SMK Putra Indonesia Malang (PIM) Atik Dina Fitria, M.Pd, kemarin.

Menurut Atik siswanya prestasi lomba menulis cerita fiksi berlatar belakang serajah dengan tema lomba Pesona Rempah dalam Perjalanan Sejarah Maritim dan Perdagangan Jawa Timur. Lomba menulis cerita ini diselanggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur, Bidang Cagar Budaya dan Sejarah.

Prestasi yang diraih Salsabila Tiara Zaki, diungkapkan Atik bersaing dengan 285 peserta dari SMK/SMA swasta dan negeri se jatim. Hasil dari kompteisi tersebut Salsabila Tiara Zaki siswa jurusan komptensi kimia industri ini berhasil di peringkat 5 termasuk juara harapan 2 se Jatim. Sukses ini tidak lepas dari guru pembimbingnya yaitu Septa Rahadian. M.Pd.

Lebih lanjut Atik mengatakan bahwa Salsabila adalah siswa aktif berorganisasi di SMK PIM sebagai anggota OSIS menjabat bendahara II. Keaktifannya dalam berorganissi tersebut memberinya inspirasi untuk mengikuti lomba menulis cerita fiksi berjudul Rempah-Rempah: dari Nusantara sampai Ujung Dunia.

Sementara itu, Salsabila mengatakan alasan memilih judul tersebut menceritakan seorang tokoh utama tidak suka sejarah dan bahkan sejarah Indonesia salah satunya rempah itu dia tidak tahu. Namun ada orang asing yang berkunjung ke Indonesia kemudian mempelajari rempah-rempah. “Sejarah rempah-rempah itu tidak hanya di Nusantara saja, tetapi sampai mendunia, pedagang asing seperti dari Arab, India, China, Gujarat rela datang ke Nusantara demi melakukan perdagangan rempah-rempah,” akunya.

Manfaat inilah, kata Salsabila rempah-rempah akhirnya banyak diperebutkan oleh bangsa sendiri maupun bangsa asing, sampai perdagangan rempah di Indonesia di monopoli oleh penjajah asing.

Melangkah awal melalui PPDB online www.smkpim.sch.id atau datang ke SMK PIM Jl. Barito No 5 Kota Malang, telp/WA: 081335381960. Klik .

Sumber : https://tabloidmatahati.com/angkat-tema-rempah-rempah-siswa-smk-pim-juara-lomba-tulis-fiksi-jatim/#.YPeGVsgzbIV

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *