SMK Putra Indonesia Malang (SMK PIM) pada kegiatan awal tahun ajaran baru program Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) secara virtual namun sarat materi pembentukan karakter mandiri dan motivasi prestasi. Disampaikan Kepala SMK PIM, Atik Dina Fitria, M.Pd, bahwa MPLS SMK PIM adalah upaya memperkenalkan lingkungan melalui sistem belajar yang dan memberikan pembekalan kepada 84  orang peserta didik baru kelas X SMK PIM jurusan kompetensi Kimia Industri dan Farmasi Industri, sehingga mereka dapat lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan sekolah, khususnya kegiatan pembelajaran dimasa new normal pandemi covid19.

Menurut Atik, pada tahun ini kegiatan MPLS memilih tema Menerapkan Healthy Relationship Sebagai Adaptasi Masa di Pandemi Dalam Rangka Mengenal Lingkungan Belajar  Bagi Siswa Baru SMK PIM, masih dilaksanakan secara virtual karena mengikuti aturan pemerintah dan Dinas Pendidikan Kota Malang. Selain itu kondisi masih belum memungkinkan untuk dilaksanakan pembelajaran secara luring. Tujuan dari kegiatan MPLS secara umum tentunya sebagai sarana untuk mengenali potensi diri peserta didik baru, membenatu peserta didik baru untuk beradaptasi denga lingkungan sekolah dan sekitarnya serta menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif peserta didik baru.

Secara khusus, kata Atik,  tujuan MPLS 2021 fokus pada lima hal. Yakni menjalankan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, meningkatkan jiwa kerja sama, kedisiplinan, kemandirian, rasa tanggung jawab, dan kepedulian terhadap lingkungan. Memberikan pembinaan kreativitas, edukasi moral, etika, dan komunikasi di lingkungan SMK Putra Indonesia Malang. Mengenalkan lingkungan sekolah agar dapat membantu siswa baru beradaptasi dan mengetahui hak dan kewajibannya.

Menariknya, Atik,  mengungkapkan teknis pelaksanaan kegiatan dilaksanakan Pra MPLS yang dilaksanakan pada tanggal 9 Juli 2021. Tujuan Pra MPLS  untuk menyampaikan secara teknis pelaksanaan MPLS. Sedangkan pelaksanaan MPLS akan dilaksanakan selama 3 hari secara daring menggunakan aplikasi Gmet dan Google Clasroom, pada Senin-Rabu, 12 – 14 Juli 2021.

Lebih lanjut Atik menguraikan kegiatan MPLS pada hari pertama diawali dengan acara pembukaan melalui upacara virtual diikuti oleh seluruh peserta. Ice breaking dilanjutkan pemberian materi wawasan wiyata mandala,  leadership dan sosialisasi laboratorium sebagai pengganti kegiatan tour laboratorium. Masuk hari ke-2 siswa diajak senam bersama, sosialisasi akademik dari bagian kurikulum, sosialisasi BKK dari tim BKK dan penjelasan tata tertib dari bagian kesiswaan.

MPLS hari terakhir, dijelaskan Atik, kegiatan MPLS dilanjutkan dengan sosialisasi pemahaman bahaya covid19 dan penerapan prokes pada persiapan KBM tatap muka dengan nara sumber PMI Kota Malang, materi pengenalan cara belajar daring-luring di SMK PIM oleh tim BK,  sosialisasi ekstrakurikuler dan yang terakhir pengenalan profil bapak-ibu guru SMK PIM melalui video dan foto.

Melangkah awal melalui PPDB online www.smkpim.sch.id atau datang ke SMK PIM Jl. Barito No 5 Kota Malang, telp/WA: 081335381960. Klik https://bit.ly/daftaronlinesmkpim.

Sumber : https://tabloidmatahati.com/mpls-virtual-smk-pim-bentuk-karakter-mandiri-motivasi-siswa-prestasi/#.YPkaI8gzbIV

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *