MALANG- Di tengah pandemi Covid-19, banyak pencari kerja yang khawatir dan bertanya tentang perusahaan di sektor bisnis dan industri yang masih akan melakukan proses rekruitmen. PT. Sasa Inti jawabannya. Mereka justru membuka rekruitmen terbuka di SMK Putra Indonesia Malang (PIM) Jalan Barito 5 Kota Malang.

Di sekolah yang memiliki program keahlian Kimia Industri dan Farmasi Industri, perusahaan rekanan SMK favorit di Kota Malang ini menggelar open recruitment karyawannya, Selasa 12 Mei 2020. Rekruitment tersebut digelar dalam rangka memenuhi power man planning di perusahaan yang memproduksi MSG.

Rekrutment diikuti oleh delapan orang alumnus SMK PIM yang benar-benar terpilih. “Rekruitmen ini digelar untuk peningkatan karyawan, karena setiap tahun ada yang pensiun. Sebelum ada yang pensiun, butuh pengembangan karyawan baru dan harus mengikuti atau melewati masa training,” papar Rudi Santoso, staf Human Resourses PT Sasa Inti.

Lebih lanjut, Rudi, panggilan akrabnya menjelaskan bahwa tetap menggelar rekrutmen ditengah pandemi ini untuk mengembangkan kekuatan tenaga kerja dalam maing masing unit produksi. “Jika menunggu pandemi selesai itu tidak pasti, karena tenaga kerja sangat dibutuhkan,” tambahnya lagi.

Dia menjelaskan, proses rekruitmen sebelumnya digelar langsung di PT. Sasa Inti, namun banyak calon tenaga kerja yang tidak bisa hadir karena terkendala beberapa hal. Mulai khawatir terkena pemeriksaan di check point oleh Satgas Covid-19, tidak ada izin dari orangtua dan pelamar belum pernah bepergian sendirian ke luar kota.

“Akhirnya kami mengevaluasi bahwa rekruitmen dilaksanakan di sekolah,” terangnya. Sudah hampir tiga kali ini, perusahaan di Gending, Probolinggo itu menggelar rekruitmen di SMK PIM. Selain tempat praktik, lulusan SMK PIM banyak yang berkarir di perusahaan tersebut. Bahkan ada yang lulusan yang menjadi Plan Manager atau Factory Manager di plan atau pabrik Minahasa Selatan, Provinsi Sulawesi Utara.

“Melihat kompetensi lulusan yang mumpuni dari segi hardskill dan attitude maka PT. Sasa Inti kembali merekrut lulusan SMK PIM,” tegas dia. Salah satu peserta rekruitmen, Eko Ari Prayogo bersyukur ada perusahaan yang menggelar rekruitmen dimasa pandemi. “Alhamdulilah saya diberikan kesempatan ikut rekruitmen,” katanya.

“Jika diterima, saya bisa meningkatkan pengalaman serta mampu membantu kedua orangtua,” jelas Eko yang juga merupakan lulusan SMP Negeri 1 Pakisaji itu. Kepala SMK PIM, Siti Zubaidah, S.Pd memintq agar alumnus SMK PIM mampu menunjukkan potensi yang terbaik sehingga menjadi pilihan terbaik human resources PT. Sasa Inti.

”Ketika sudah lulus seleksi dan menjadi karyawan PT. Sasa Inti, alumni harus mampu memberikan yang terbaik bagi diri sendiri dan juga alamaternya. Harus giat dalam bekerja dan memberikan contoh terbaik di perusahaan utamanya PT. Sasa Inti,” pungkas Kepala SMK yang juga Alumni SMK PIM . (mar)

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *