SMK Putra Indonesia Malang (SMK PIM) Program Keahlian Kimia Industri  (KI) merupakan pendidikan vokasi pada jenjang pendidikan menengah. Peserta didik SMK PIM memiliki kompetensi Kimia Industri baik secara teori maupun praktik. Pembelajaran praktikum merupakan salah satu cara untuk meningkatkan kompetensi peserta didik yang terstuktur dalam pembelajaran produktif.

Pembelajaran produktif di SMK PIM tergolong unik dikemas dalam kegiatan tematik. Harapan pembelajaran tematik peserta didik memiliki pengetahuan yang aplikatif sehingga mereka mengetahui dengan jelas hubungan materi yang dipelajari dengan fakta dalam kehidupan sehari-hari dan industri.

Salah satu tema praktik kimia industri (PKI) yang dipelajari ditingkat kelas XI ini adalah pembuatan air mineral yang diampu oleh Ibu Wiji Ningsih, S.T dan Ibu Dewi Kurniawati, S.Pd yang keduanya merupakan alumni SMK PIM. Saat diwawancara Ibu Wiji sapaan akrabnya menjelaskan bahwa Salah satu tahapan proses pembuatan air mineral adalah filtrasi yaitu metode pemisahan komponen padatan yang terkandung dalam air yang dilewatkan media filter seperti pasir silika dan karbon aktif untuk meningkatkan kejernihan air, meminimalkan kandungan suspensi dan koloid dalam air sehingga dihasilkan air bersih, tidak berasa dan tidak berbau. “Sebenarnya filtrasi merupakan proses sederhana sehingga mudah untuk dipraktikkan secara mandiri di rumah dengan media peralatan di sekitar”, jelasnya.

Ibu Dewi pun menjelaskan bahwa Praktikum mandiri akan memberikan pengalaman belajar peserta didik di rumah untuk bertanggung jawab dan kreatif. “Peserta didik mendisain peralatan filtrasi sederhana dengan memanfaatkan barang reuse dan recyle dari bahan limbah di rumah untuk mendapatkan pengetahuan faktual serta prosedural secara maksimal,”tambahnya.

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *