SMK merupakan salah satu bentuk pendidikan formal yang menyelenggarakan pendidikan vokasi pada jenjang pendidikan menengah. Salah satu tujuan pendidikan kejuruan adalah menyiapkan peserta didik yang profesional/berkompeten dalam bidang keahliannya, ulet, gigih dan mampu beradaptasi di lingkungan kerja.
Untuk mewujudkan tujuan tersebut, pemerintah menyelenggarakan model Pendidikan Sistem Ganda atau Dual System, dimana sekolah menggandeng Institusi Dunia Usaha/Dunia Industri (DU-DI) sebagai mitra, untuk memadukan secara sistematis dan sistemik program pendidikan di SMK dan program latihan di dunia kerja. Praktik Kerja Lapangan (PKL) merupakan wujud nyata penyelenggaraan model Pendidikan Sistem Ganda.

Pelaksanaan PKL ini, merupakan program SMK yang sangat ditunggu-tunggu oleh peserta didik, karena saatnya bagi mereka menerapkan, memantapkan dan meningkatkan kompetensi yang melibatkan praktisi ahli yang berpengalaman dibidangnya melalui pembimbingan praktik. Peserta didik juga mendapat pengalaman kerja langsung (real) di perusahaan/industri/instansi penempatan tentang iklim kerja positif, etos kerja yang tinggi, budaya K3, wawasan pekerja, produktivitas kerja yang berorientasi pada peduli mutu proses dan hasil kerja.

SMK Putra Indonesia Malang (SMK PIM) salah satu SMK yang melaksanakan PKL dengan durasi rata-rata empat bulan pada semester genap tahun pelajaran 2020/2021. Pelaksanaan PKL tersebut seharusnya dimulai pada bulan Juli 2020 oleh peserta didik kelas XII program keahlian Kimia Industri (KI) dan Farmai Industri (FI). Namun pelaksanan PKL pada saat new normal masa pandemi Covid-19 berbeda dengan biasanya. Banyak perusahaan yang menunda bahkan meniadakan progam PKL untuk peserta didik SMK.

Beberapa perusahaan ataupun instansi ada yang menerima peserta didik untuk PKL dengan syarat harus melampirkan surat keterangan sehat. Tidak hanya surat keterangan sehat saja, perusahaan di luar kota Malang mewajibkan peserta didik PKL untuk melakukan rapid test. “Peserta didik siap berangkat PKL, karena Program PKL ini semua disiapkan secara matang oleh Bagian kurikulum dan Humas SMK PIM sebelum masa pandemi”, Jelas kepala Kepala SMK Atik Dina Fitria, S.Pd. M.Pd.

Peserta didik SMK yang mempunya tagline touch your future ini akhirnya dapat melakukan PKL di industry dan instansti pemerintah pada 3 Agustus 2020 hingga November 2020. Peserta didik harus menerepkan protocol kesehatan dengan benar ketika PKL di industry. Perusahaan yang menerima PKL SMK PIM Kompetensi keahlian farmasi industri menggandeng kerjsama beberapa industri dalam kota dan luar kota Malang. “Magang kelas Kimia Industri dan Farmasi Industri berkejasama dengan industri skala nasional, selain itu juga menggandeng instansi puskesmas wilayah kota Malang untuk farmasi industri”, Jelas Kepala SMK yang mempunyai tag line “Touch Your Future”. Peserta Didik Program Keahlian Kimia Industri untuk PKL antara lain PT. Hanarida, PDAM. PT. Maxer, . perusahaan atau instansi yang menerima PKL Peserta didik Farmasi Industri Antara Lain 13 Puskesmas di Kota Malang, Labkesda,PT. MSD, UPT Materia Medika Batu.

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *