Unit Produksi dan Jasa (UPJ) SMK Putra Indonesia Malang (SMKPIM) kembali dipercaya untuk memberikan pelatihan. Kali ini pelatihan diselenggarakan oleh PKK RT 1 RW 11 Perumahan Banjararum Kecamatan Singosari Kabupaten Malang pada 19 Agustus 2020. Pelatihan masih seputar handsanitizer (HS), namun yang berbeda pada pelatihan ini adalah pembuatan HS dengan bahan tambahan lidah buaya dan pebuatan sabun padat.
Ketua PKK Ibu Dimar Saat ditemui menjelaskan bahwa warga RT 1 RW 2 Desa Banjararum mempunyai Toga lidah buaya yang cukup banyak dan ibu ibu sering menggunakannya karena manfaatnya yang banyak.”Kami memutuskan lidah buaya sebagai produk unggulan RT kami,”jelasnya.

Untuk menambah nilai dari lidah buaya perlu dibuat kedalam produk yang saat ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat. “HS dan sabun padat lidah buaya menjadi pilihan kami, HS saat ini menjadi keutuhan pokok dimasa pandemi’’, imbuhnya. Ibu Dimar yang aktif di bidang marketing online menambahkan bahwa RW 11 terpilih sebagai kampung tangguh yang mana setiap RT punya ciri khas produk masing masing.

Setelah pelatihan, setiap warga diwajibkan menanam lidah buaya dengan memanfaatkan lahan kosong. Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan bahan baku produk bahan dasar lidah buaya. “Harapan kami kedepan, warga mampu membuat berbagai macam produk dari lidah buaya untuk meningkatkan perekonomianya,”tegasnya.

UPJ SMK PIM sangat mendukung kegiatan warga RT 1 Rw 11 Desa Banjararum dalam hal pelatihan pengembangan produk bahan dasar lidah buaya.”Melihat semangat warga, kami pun bersedia mendampingi secara formal maupun non formal terkait dengan pengembangan produk bahan dasar lidah buaya”, tambah Marcella Kusuma Dewi, A.Md. Ketua UPJ SMKPIM

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *