SMK Putra Indonesia Malang (SMK PIM) mempunyai cara khas untuk menumbuhkan karakter disiplin dan mandiri dalam meraih prestasi maupun cita-citanya. Cara khas tersebut dikatakan Kepala SMK PIM Atik Dina Fitria, M.Pd.

Dijelaskan Atik, menumbuhkan karakter disiplin menerapkan pendidikan karakter melalui program Character Camp. Program ini   kerja dari kesiswaan yang bertujuan dapat menanamkan nilai-nilai karakter siswa PIM. Dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga tujuan pendidikan untuk menciptakan manusia pintar sekaligus baik dapat terwujud.

Menurut Atik, tujuan kegiatan memberikan penguatan karakter siswa memahami konsep diri dari materi kesadaran diri (self awareness) yang diberikan, menanamkan pribadi peserta didik  yang positif, tangguh, proaktif,  kreatif, dan  percaya diri, melatih kemandirian diri pada peserta didik, menanamkan disiplin dan tanggung jawab siswa.

Bukan itu saja, tandas Atik, Character Camp juga memotivasi siswa dalam mempersiapkan KBM tatap muka, membangun komunikasi dan kebersamaan antara guru dengan siswa. Materi Character Champ ini adalah tentang kesadaran diri (self awareness). Nara sumbernya Risa Rahmawati, M.Psi Psikolog Founder Of Phylia Psycho Center. Diharapkan dengan memberikan materi tentang kesadaran diri (self awareness) kedisiplinan akan bisa diaplikasikan peserta didik dengan mudah.

Menurut Atik, program Character Champ dilaksanakan pada tanggal 19 Juni 2021 bertempat di Pusdiklatcab Wita Raga Jl. Wisnuwardhana, Sekarpuro, Pakis, Kabupaten Malang. Kegiatan Character Champ diikuti seluruh siswa kelas X  SMK PIM  79 orang. Selama masuk program Character Camp mereka melakukan Senam pagi, materi kesadaran diri (self awareness) oleh Risa Rahmawati, M.Psi Psikolog, outbond tema tanggung jawab dan displin, Bonding time (memasak sekaligus makan bersama), serta Refleksi kegiatan.

Melangkah awal melalui PPDB online www.smkpim.sch.id atau datang ke SMK PIM Jl. Barito No 5 Kota Malang, telp/WA: 081335381960. Klik https://bit.ly/daftaronlinesmkpim.

Sumber : https://tabloidmatahati.com/siswa-smk-pim-ikut-character-camp-tumbuhkan-kesadaran-diri/#.YNK6o2QzbIV

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *