Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat. Pendidikan diperuntukkan semua orang tanpa memandang SARA dan golongan.

Seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) serta globalisasi di berbagai bidang, sekolah sebagai salah satu pelaksana pendidikan berkewajiban mencetak sumber daya manusia yang handal dalam menghadapi tantangan global. Kecepatan perkembangan global selayaknya diimbangi dengan adanya pembekalan keterampilan yang memadai dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang dihasilkan.

Hal itu dapat dicapai melalui pengembangan konsep pembelajaran teori yang diaplikasikan dalam pembelajaran praktik, sehingga memberi kesempatan bagi peserta didik untuk meningkatkan kemandirian serta mengembangkan berbagai ide kreatif guna menghasilkan produk inovatif yang diterima masyarakat.

SMK Putra Indonesia Malang sebagai salah satu sekolah menengah kejuruan dengan program studi kimia industri, berorientasi menghasilkan lulusan yang mampu menjadi wirausahawan yang berkompeten, pekerja laboratorium instansi atau industri yang handal, serta menyiapkan lulusannya untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Beberapa langkah yang dilakukan adalah memberikan pembelajaran teori dan praktik, yakni pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan (PKK). Dalam pembelajaran PKK siswa diberi konsep/materi tentang suatu produk kemudian dibimbing hingga dapat membuat produk tersebut.

Selanjutnya siswa diajarkan cara berwirausaha dengan mengevaluasi dan menilai produk serta disarankan untuk memasarkan produk yang sudah dibuat kepada warga SMK Putra Indonesia dan lingkungan masyarakat sekitar.

Sebagai bagian yang tidak terpisahkan dalam menunjang tujuan belajar khususnya pelajaran PKK, UPJ SMK Putra Indonesia Malang akan dikelola dengan menganut prinsip – prinsip manajemen bisnis serta meningkatkan peran sekolah dalam wujud pelayanan terhadap masyarakat pengguna produk dan jasa.

Program kerja UPJ SMK Putra Indonesia Malang saat ini melipiuti bidang produksi dan bidang jasa. Adapun bidang produksi meliputi pembuatan sabun herbal (padat dan cair), produk sanitasi (sabun cuci piring, hand soap, hand rub, hand sanitizer/ hand clean gel, karbol, softener dan lainnya. Sedangkan bidang jasa meliputi jasa pelatihan pembuatan produk.

A. TUJUAN DAN MAFAAT

Tujuan Umum

Sebagai tempat pendidikan dan pembelajaran bagi siswa dan seluruh komponen pendidikan dalam mengelola usaha/bisnis.

Tujuan Khusus

  1. Menjadi tempat pendidikan dan pelatihan bagi siswa dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan dan keterampilan sesuai dengan program keahlian kimia industri.
  2. Memberikan pendidikan dan pelatihan tambahan kepada siswa agar siswa lebih siap dalam menghadapi dunia usaha dan/atau dunia industri.
  3. Meningkatkan kemampuan, kualitas, produktivitas, profesionalisme dan aktivitas psikomotorik siswa dalam menghadapi dunia usaha dan / atau dunia industri.
  4. Sebagai pusat kegiatan usaha/bisnis dengan profit oriented sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan guru dan karyawan.
  5. Meningkatkan peran sekolah dalam wujud pelayanan terhadap masyarakat pengguna produk dan jasa
  6. Sebagai bentuk kerja sama sekolah dengan masyarakat dunia usaha/industri dan masyarakat pengguna produk dan jasa.
  7. Sebagai tempat untuk berkreasi dan membuat produk unggulan yang bisa dan diterima ditengah masyarakat sesuai dengan segmen pasar dan user yang dapat memenuhi dan menjawab tantangan pasar
  8. Sebagai sarana mengenalkan SMK Putra Indonesia Malang lewat jalur produksi dan produk yang dihasilkan, sehingga masyarakat mengetahui dan mengerti kiprah SMK Putra Indonesia Malang dan kedepannya produk yang dihasilkan akan menjadi produk unggulan diantara produk unggulan yang sudah ada.

B. RUANG LINGKUP KEGIATAN

Konsep kegiatan/strategi pengembangan dan perencanaan yang dibuat dan dibangun dalam UPJ SMK Putra Indonesia Malang adalah:

  1. Menghasilkan produk unggul ditengah kebutuhan user yang semakin meningkat.
  2. Melakukan inovasi baru melalui pemanfaatan keanekaragaman bahan alami sebagai bahan aktif pembuatan produk, dengan tetap menjaga mutu/kualitas produk.
  3. Melakukan program pengembangan produktivitas ke arah pemasaran produk dan jasa (produksi dan pengembangan hasil karya siswa SMK Putra Indonesia Malang serta layanan jasa pelatihan pembuatan produk).
  4. Menjalin kerjasama dua arah yang menganut sistem jaringan mata rantai pemasaran lingkaran mutualis, dengan sistem jaringan terkontrol dan target pemasaran sesuai MOU kepada instansi swasta atau negeri, kelompok atau perorangan.
  5. Memperluas kerjasama kepada user sebagai sub agen demi menjaga dan meningkatkan intensitas produksi.

C. SASARAN/TARGET

Sasaran

Sasaran kegiatan adalah dilibatkannya siswa dan guru di lingkungan SMK Putra Indonesia Malang dalam kegiatan operasional UPJ SMK Putra Indonesia Malang.

Target

Mewujudkan profesionalitas UPJ SMK Putra Indonesia Malang dalam mendukung brand image SMK Putra Indonesia Malang sebagai SMK Kimia Industri melalui produk unggulan yang dihasilkan.

D. STRUKTUR ORGANISASI UPJ

1. Penanggung Jawab : Kepala SMK Putra Indonesia Malang
2. Ketua : Sri Wahjoeni, S.Si
3. Sekretaris/Bendahara : Erni Rahmawati, S.Pd
4. Penanggung Jawab Produksi : Sri Wahjoeni, S.Si
Anggota Tim Produksi : Siswa SMK Putra Indonesia
5. Penanggung Jawab Pemasaran : Erni Rahmawati, S.Pd
Anggota Tim Pemasaran : Siswa SMK Putra Indonesia