Bimbingan Konseling (BK) SMK Putra Indonesia Malang (SMK PIM) kembali menggelar workshop bertajuk “Deteksi Dini Permasalahan Psikososial Peserta didik dan Peran Guru Pembimbing untuk Penangannan nya” yang dilaksanakan pada tanggal 28 September 2022 di ruang laboratorium bahasa.  Kegiatan yang Di ikuti oleh seluruh guru pembimbing kelas X sampai kelas XII menghadirkan Dini Fidyanti Devi, S.Psi., M.Psi, Psikolog dari Biro Psikologi Divine. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan guru pembimbing dalam menangani masalah anak bimbungannya terutama dalam mendeteksi dini permasalahan psikososial.

Saat memaparkan materi, Dini menjelaska kepada guru pembimbing  pengertian psikososial pada peserta didik. ”Psikososial itu kondisi terganggunya mental/jiwa seseorang disebabkan oleh pengalaman hidup yang negatif dalam situasi sosial, seperti pengasuhan tidak tepat, teknanan dalam pertemanan, perceraian, kekerasan, penelantaran, media sosial,” jelasnya.

 

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa peran guru pembimbing sangat penting dalam menghadapi permasalahan yang timbul, maka dari itu salah satu solusinya adalah  dengan pengenalan metode D.E.K.A.P yaitu Dengarkan (dengan nilai kegawatan), Empati (dengan berikan informasi dan dukungan), Kerjakan( bantu solusi dan mencari pertolongan profesional), Pertahankan (untuk kesehatan mental peserta didik).”Metode ini bisa di gunakan sebagai pertolongan pertama pada peserta didik yang cenderung mengalami gangguan Psikososial,” Imbuhnya.

Debora Irawati, S.Psi selaku kordinator BK SMK yang mempunyai jargon kerjo oyi kuliah oyi ini menyampaikan bahwa guru pembimbing dapat memaksimalkan peran mendampingi perkembangan anak bimbingnya selama belajar  di SMK PIM. “Sinergitas  guru pembimbing , kesiswaan dan BK yang  baik sangat diperlukan  dalam membantu peserta didik untuk menghadapi permasalahan. Selain itu kedakatan guru pembimbing dengan anak bimbingan bisa memunculkan karakter kuat pantang menyerah  yang siap mengahadapi tantangan di masa depan,”  Pungkasnya. (kom/bam)

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *